5 Tips Kredit Mobil Baru Dengan Cermat Sesuai Anggaran

Tidak semua orang dengan gaji UMK sulit untuk membeli sebuah mobil baru. Menabung untuk membeli kendaraan baru memang membutuhkan waktu yang lama, namun Anda masih bisa beli mobil impan dengan sistem kredit. Apalagi kredit mobil saat ini memiliki sistem yang mudah.

Menganggarkan dan menabung untuk sebuah mobil baru perlu perencanaan yang tepat. Anda memerlukan tujuan khusus agar bisa berhemat dan menganggarkan biaya untuk bisa mengumpulkan uang muka.

Tips Beli Mobil Baru Dengan Cermat

1.     Ketahui Biaya untuk Uang Muka

Ketika memutuskan untuk kredit, maka pastikan Anda mengetahui berapa kira-kira uang muka minimum sebagai DP. Uang muka minimum untuk mobil tergantung pada jenis dan merek mobil yang dibeli.

Beberapa dealer mungkin memerlukan jumlah minimum uang muka, namun ada juga yang tidak memerlukan uang muka sama sekali. Secara umum, uang muka yang diminta bisa berkisar 10-20%.

Angka tersebut merupakan jumlah yang ideal karena dianggap untuk mengimbangi depresiasi tahun pertama kendaraan baru. Setelah tahu berapa uang muka yang dibutuhkan, mulailah untuk rajin menyimpan uang.

2.     Tetapkan Deadline yang Realistis

Setelah tahu berapa biaya untuk uang muka, maka buatlah deadline untuk menabung secara realistis.  Salah satu cara mudah untuk memperkirakan deadline adalah dengan mengambil total biaya kendaraan yang Anda pertimbangkan.

Selanjutnya, kalikan total biaya dengan 20% untuk ditabung sebagai uang muka Anda. Jadi, katakanlah kendaraan impian Anda harganya Rp 500 juta, maka Anda harus merencanakan untuk bisa menghemat setidaknya 20%, atau Rp 50 juta sebagai uang muka.

Dari sini, saatnya untuk melihat anggaran bulanan Anda. Jika Anda dapat menyisihkan Rp 5 juta sebulan, Anda bisa menabung Rp 50 juta dalam waktu 10 bulan. Namun, jika Anda hanya dapat menghemat Rp 2 juta per bulan, Anda mungkin perlu mencari kendaraan yang lebih terjangkau.

Jangan memaksakan pembelian yang sekiranya tidak terjangkau. Belilah kendaraan yang memang Anda jangkau.

3.     Pangkas Pengeluaran yang Tidak Penting

Ketika Anda ingin melakukan pembelian yang tidak direncanakan, tanyakan pada diri sendiri, apakah barang yang Anda beli lebih penting daripada mobil baru? Selalu catat apapun pengeluaran Anda supaya tidak berpotensi boros.

Mencatat apapun anggaran yang dikeluarkan bisa menjadi pengingat yang baik tentang alasan di balik mengapa Anda harus menabung untuk saat ini. Terlebih membeli mobil tidak hanya berkisar mengenai uang muka dan cicilan per bulan.

Ada biaya berulang seperti asuransi, bensin, dan perawatan yang wajib Anda pikirkan. Sementara untuk premi asuransi bervariasi tergantung pada merek, model, tahun, lokasi, riwayat mengemudi, dan fitur keselamatan mobil. Jadi, selalu hitung dengan baik anggaran yang dimiliki.

4.     Tingkatkan Penghasilan Anda

Ketika Anda ingin beli mobil dengan cepat dan tidak cukup sabar menabung sampai berbulan-bulan, mungkin Anda perlu meningkatkan pendapatan Anda. Bekerja lembur bisa memungkinkan Anda untuk memiliki gaji yang lebih besar  tanpa mencari pekerjaan baru.

Pilihan lainnya adalah dengan mencari ide bisnis sampingan sampai ada cukup uang untuk membeli mobil.

5.     Manfaatkan Fitur Dari Platform Beli Mobil Dari Astra

Ada kabar baik untuk Anda yang ingin membeli mobil dengan cara kredit dan proses yang mudah. Astra Financial meluncurkan sebuah platform bernama SEVA dengan berbagai macam fitur yang bisa membantu Anda membeli mobil dengan mudah.

Ada fitur andalan bernama Instant Approval yang bisa memudahkan Anda beli mobil sesuai kemampuan finansial. Anda juga bisa memilih skema pembayaran yang sesuai.

Di platform ini juga, ada fitur Loan Calculator jika Anda ingin menghitung cicilan per bulan. Ada juga fitur saran dan rekomendasi dengan Car  Recommendation. Jadi, kapan lagi beli mobil baru bisa semudah ini?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.