Cara Bikin Masker Kain yang Perlu Anda Ketahui

Bikin Masker

Saat ini pemerintah Indonesia mewajibkan setiap warganya untuk memakai masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. Dulu pemerintah tidak menyarankan untuk memakai masker bagi orang yang tidak sakit untuk mengantisipasi kelangkaan masker.

Pemerintah kemudian mengubah kebijakannya setelah ada orang yang positif Covid-19 yang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya jika orang tersebut bersinggungan dengan orang lain.

Kemudian, pemerintah juga mewajibkan semua warganya untuk selalu mengenakan masker  dengan tujuan agar penularan Covid-19 tidak merajalela. Sementara untuk menghindari kelangkaan masker, pemerintah juga menyarankan kepada para warganya untuk membuat masker kain. Anda juga bisa bikin masker kain sendiri dengan menggunakan bahan katun. Berikut adalah langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk bikin masker, antara lain :

Bagaimana Cara Bikin Masker Kain ?

 

Cara Bikin Masker Kain

Di bawah ini langkah – langkah yang bisa anda terapkan untuk membuat masker kain. Masker kain ini menggunakan model tali. Masker model seperti ini sangat cocok untuk perempuan yang memakai hijab.

Bahan – bahan yang perlu disiapkan untuk bikin masker :

  1. Jarum dan benang atau juga bisa dengan mesin jahit
  2. Gunting
  3. Siapkan penjepit untuk digunakan untuk menahan kain pada tempatnya, Anda juga bisa menggunakan penjepit kertas
  4. Kain katun
  5. Empat pengikat yang terbuat dari kain katun dengan panjang sekitar 45 cm, Anda juga bisa menggunakan 4 tali sepatu yang sama panjang

Cara membuat masker kain :

  1. Langkah awal, anda harus mencuci kain katun dan mengeringkannya terlebih dahulu agar steril ketika digunakan.
  2. Selanjutnya, ukurlah panjang kain, lalu gunting menjadi dua bagian persegi panjang, usahakan ukurannya sekitar 30×15 cm.
  3. Anda harus membedakan pola bagian depan dan belakang, tujuannya supaya masker tidak gampang terkukar.
  4. Kemudian, dua kain persegi panjang tadi ditumpuk, lalu bagian belakang kain dijahit menghadap ke depan, kemudian jahit setiap sisi lapisan hingga kain menyatu.
  5. Anda harus menyisakan sedikit ruang di kedua ujung kain untuk menyelipkan strip kain atau tali sepatu.
  6. Setelah itu, tali diselipkan pada tiap ujung sisi kain, kemudian peniti atau penjepit kertas digunakan untuk menahan tali agar tidak bergeser.
  7. Kemudian, jahit semua lapisan kain dengan metode backstitch atau jahit berulang, tujuannya supaya jahitan lebih kokoh di semua bagian.
  8. Akhirnya, masker kain tali siap digunakan.

 

Itulah cara bikin masker kain yang bisa anda terapkan di rumah. Dengan membuat masker sendiri, anda bisa membantu masyarakat untuk mencegah kelangkaan masker. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tamahan dengan menjual masker tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.