Jangan Asal, Inilah Tips Menawar Harga Mobil secara Elegan

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sebuah mobil agar tidak salah pilih. Salah satu faktor penting tersebut adalah harga mobil karena berkaitan dengan budget yang harus dipersiapkan untuk membawa pulang mobil yang diinginkan.

Berbicara masalah harga sebenarnya relatif karena tergantung pada spesifikasi dari mobil tersebut. Pada umumnya, semakin mewah, canggih dan lengkap spesifikasi yang ditawarkan maka semakin tinggi pula dana yang harus Anda keluarkan untuk membelinya.

Jangan Asal, Inilah Tips Menawar Harga Mobil secara Elegan

1. Survei Harga

Tips pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan survei harga dari mobil yang Anda inginkan. Meski mobil dengan merek dan tipe yang sama, beberapa dealer mungkin akan menawarkan harga berbeda, baik sedikit maupun besar tapi tetap harus dipertimbangkan.

Perbedaan ini bisa memberikan keuntungan bagi Anda karena biaya yang dikeluarkan makin sedikit. Informasi harga juga memberikan patokan bagi Anda untuk melakukan penawaran jadi nominal yang ditawarkan tidak asal, melainkan berdasarkan survei yang sudah dilakukan.

Survei harga harus dilakukan pada beberapa dealer, kota dan beberapa jenis mobil atau tipe mobil dengan spesifikasi yang mirip sebagai bahan pertimbangan dalam menawar harga.

2. Lakukan Pengecekan

Setiap penawaran mobil baru, Anda akan diberikan informasi terkait klaim dan spesifikasi dari mobil tersebut. Namun, tidak ada salahnya melakukan pengecekan secara langsung ke dealer untuk memastikan kebenaran atau klaim dari penawaran yang diberikan.

Jangan sampai Anda percaya begitu saja dengan iklan mobil yang ada karena pada dasarnya setiap pembeli pasti memberikan penawaran yang menggiurkan. Lakukan pemeriksaan secara detail pada setiap bagiannya, mulai dari eksterior, interior, mesin, kabin dan lainnya.

3. Test Drive Singkat

Test drive tidak hanya dilakukan pada mobil bekas saja, tapi juga wajib Anda lakukan ketika membeli mobil baru. Meskipun informasi tentang tenaga mesin hingga akselerasi bisa Anda akses melalui brosur atau media lain, tapi test drive memberikan pengalaman langsung.

Beberapa orang mungkin kurang cocok dengan spesifikasi mesin tertentu karena dapat memengaruhi kenyamanan mereka saat mengemudi. Test drive mobil baru biasanya hanya dilakukan di tempat dealer atau posisi mobil namun tetap memberikan informasi penting.

4. Negosiasi Santai

Setelah melakukan semua tips di atas, saatnya Anda melakukan negosiasi untuk mengurangi harga belinya. Beberapa dealer mungkin tidak menerapkan sistem nego tapi banyak pula dealer yang memberikan kesempatan bagi pembeli untuk melakukan negosiasi.

Meski ingin mendapatkan harga lebih murah, tapi jangan asal mengurangi harga tanpa adanya dasar. Ketika memberikan tawaran harga, pastikan Anda tahu alasan mengapa mobil tersebut pantas mendapatkan harga tersebut agar penjual lebih yakin dengan harga tersebut.

Negosiasi harga untuk mobil baru mungkin lebih sulit dilakukan karena memang perusahaan mobil biasanya sudah mematok harga pasaran. Meski begitu, Anda bisa menawarkan harga di bawahnya sedikit agar keuntungan lebih besar.

5. Kenali Budget Maksimal

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk menawar mobil adalah mengenali budget maksimal ketika membeli mobil. Meski tabungan yang Anda miliki cukup besar, tidak mungkin semua tabungan akan dihabiskan hanya untuk membeli mobil.

Anda harus membuat batasan jelas tentang budget maksimal dalam membeli mobil agar tidak menghamburkan uang. Tips ini juga berguna untuk mendapatkan mobil dengan harga terbaik dan spesifikasi yang sesuai kebutuhan.

Ingin mendapatkan harga terbaik dalam membeli mobil? Percayakan saja pada SEVA, platform jual beli mobil secara online dengan fitur canggihnya. Fitur Instant Approval dalam platform akan memudahkan pembeli mendapatkan mobil karena syaratnya tidaklah sulit.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.