Kenapa Pramugari Selalu Pakai Lipstik dengan Warna Cerah?

Pernahkah bertanya, kenapa kebanyakan pramugari memakai memakai lipstik dengan warna cerah? Pramugari Emirates dan Virgin Atlantic misalnya, mereka selalu menggunakan lipstik dengan warna merah menyala. Warna merah yang dipilih pramugari dari beberapa maskapai penerbangan sebagai warna lipstik ternyata bukan tanpa alasan.

Heather Poole, mantan pramugari yang telah bekerja selama 20 tahun di pesawat mengatakan, warna lipstik merah menyala akan membantu penumpang dalam membaca gerak bibir pramugari saat keadaan darurat. "Itu (lipstik merah) harus dipakai setiap saat," tulis Poole dalam bukunya yang berjudul Cruising Attitude. Melansir dari Daily Star , lisptik warna cerah merupakan hal serius dalam dunia penerbangan dan pramugari bisa mendapat masalah jika tidak mengikuti pedoman tata rias tersebut.

Poole menceritakan, dirinya teringat saat seorang pramugari berani memakai lipstik dengan warna nude saat penerbangan berlangsung. Keesokan harinya, lanjut Poole, ia tidak lagi melihat rekannya itu muncul di penerbangan selanjutnya. "Kami tidak terkejut dengan kepergiannya yang tiba tiba. Kami tidak tahu apakah dia telah berhenti atau dia telah diberhentikan," kata dia.

Untungnya, Poole selalu berpegang pada aturan tata rias, terutama lipstik, yang telah ditetapkan maskapai tempat ia bekerja. Dia mengatakan, warna favoritnya adalah clinique red yang juga dikenakan oleh selebriti, termasuk bintang Game of Thrones Emilia Clarke. Dalam forum cabincrew.com disebutkan, pramugari juga mempunyai kode rahasia saat mereka menyukai seorang penumpang.

Kode ini disampaikan dalam bentuk sapaan saat penumpang yang disukainya keluar dari pesawat di bandara tujuan. Melansir dari Daily Star , pramugari akan mengatakan 'cheerio' saat seorang penumpang yang disukainya keluar dari pesawat. "Saat Anda (pramugari) berdiri di sana sambil mengucapkan 'bye, terimakasih, hati hati' dan lain lain. Saat Anda melihat seseorang yang Anda suka, Anda mengucapkan 'cheerio' ," kata seorang awak kabin dalam situs cabincrew.com.

"Anda perlu melakukannya dengan seorang teman dan tantangannya adalah menjaga wajah tetap lurus," lanjutnya. Kendati demikian, tidak banyak penumpang yang paham apa maksud dari kata 'cheerio' itu. "Pramugari berkata 'cheerio' ketika saya meninggalkan pesawat dan bandara memiliki wifi gratis," kata seorang penumpang melalui Twitter.

"Anda tahu Anda sedang berada di Inggris saat Anda disambut turun dari pesawat dengan 'cheerio' ," kata penumpang lain yang pernah mengalami hal serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.