Manfaat Susu Untuk Lansia, Jaga Kesehatan Jantung

susu untuk jantung

Kehidupan manusia di dunia ini tidak lepas dari konsumsi susu. Mulai dari dalam kandungan, bayi yang membutuhkan ASI, anak-anak dan remaja dengan ASI pertumbuhan, serta orang dewasa dan orang tua untuk menjaga kesehatan tubuh, tulang dan jantung.

Minum susu membawa berbagai manfaat bagi tubuh untuk segala usia, terutama lansia dan lansia yang seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh dan organ tubuh lainnya semakin menurun.

Salah satu manfaat yang sudah banyak diketahui orang adalah menjaga kepadatan tulang. Ini karena susu diperkaya dengan vitamin D, yang berperan dalam pembentukan tulang. Bersama kalsium, vitamin D bekerja sama untuk mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Selain itu, berikut manfaat minum susu untuk lansia:

Apa Saja Manfaat Susu Untuk Lansia?

  1. Menjaga kesehatan jantung

Susu untuk jantung, kinerja jantung tidak sama dengan di usia muda. Susu mengandung potasium yang baik untuk kesehatan jantung lansia. Kalium memainkan peran penting dalam menjaga tekanan darah normal.

Meski begitu, para lansia atau anggota keluarga perlu berkonsultasi ke dokter, mengingat potasium bisa berdampak negatif bagi penderita gangguan ginjal.

  1. Menurunkan resiko Alzheimer

Susu mengandung antioksidan dan glutathione tingkat tinggi yang dapat melindungi otak dari kerusakan. Dengan kata lain, susu memiliki manfaat untuk mengurangi stres, resiko alzheimer pada lansia, terutama jika dikonsumsi secara teratur dan teratur.

  1. Jaga agar tubuh tetap terhidrasi

Selain air putih, susu juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari sehingga dapat mencegah dehidrasi. Untuk lansia, dianjurkan untuk minum satu gelas susu di pagi atau malam hari sebelum tidur.

  1. Menurunkan resiko depresi

Susu dengan vitamin D dapat membantu meningkatkan serotonin, hormon yang berhubungan dengan suasana hati. Tak hanya itu, asupan vitamin D yang cukup juga dapat membantu mencegah tubuh menjadi lemas dan lelah. Sehingga bisa terhindar dari resiko depresi.

  1. Menjaga massa otot

Susu merupakan minuman yang banyak mengandung protein. Protein utama dalam susu ialah kasein dan whey. Keduanya membantu dalam membangun massa otot tanpa lemak sekaligus mengurangi lemak pada tubuh. Oleh sebab itu, ini adalah salah satu minuman yang baik untuk orang tua. Lansia yang rutin mengonsumsi susu bisa menjaga kadar protein dalam tubuhnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.