Perbedaan UBS Gold dan Emas Antam

Bagi yang hobi mengoleksi perhiasan emas, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan UBS Gold dan Antam. Ya, jelas demikian, sebab kedua brand emas tersebut merupakan yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Kendati demikian, baik UBS Gold maupun emas Antam memiliki ciri khasnya tersendiri. Lalu, seperti apakah perbedaan emas UBS dengan Antam? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Perbedaan Ukuran Emas

UBS menyediakan produk emas batangan dengan beragam ukuran, mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, dan 10 gram. Tak hanya itu, tersedia juga emas batangan UBS dengan bobot yang mencapai 25 gram sampai 100 gram.

Sedangkan ukuran emas Antam lebih lengkap, yakni mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 100 gram, hingga 1000 gram. Meski menawarkan ukuran yang berbeda, namun emas UBS dan Antam kadar emasnya sama-sama mencapai 99,99 persen.

  1. Perbedaan Sertifikasi Emas

Tak hanya berbeda dari segi ukuran yang tersedia, emas UBS dan Antam juga berbeda dari segi sertifikasinya. Sertifikat emas Antam sudah menyatu dengan kemasannya (laminating), serta ada juga sertifikat terpisah yang berupa kertas hologram.

Bahkan, emas Antam sudah memiliki sertifikasi LBMA (London Bullion Market Association) sehingga bisa dijual di seluruh dunia. Lain dengan emas UBS, yang mana sertifikatnya hanya berlaku untuk skala nasional saja. Hal itu bukan tanpa alasan, karena emas UBS dikelola oleh perusahaan swasta. Adapun mengenai bentuk sertifikatnya yang berupa kertas seperti SIM Card pada smartphone.

  1. Perbedaan Harga Emas

Perbedaan berikutnya antara emas UBS dengan Antam yang akan dibahas, yakni dari segi harga. Ya, harga emas UBS dinilai agak lebih murah ketimbang emas Antam. Nah, karena hal inilah yang membuat masyarakat lebih memilih emas UBS untuk dijadikan investasi maupun dijadikan aksesoris.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.