Prediksi Susunan Pemain Portugal vs Prancis, UEFA Nations League, Mental Paul Pogba Jadi Sorotan

Mental Paul Pogba tengah jadi sorotan jelang pertandingan negaranya Prancis di UEFA Nations League menghadapi Portugal. Pertandingan kelima grup 3 UEFA Nations League Liga A mempertemukan Portugal vs Prancis, pada Minggu (15/11/2020) dini hari. Duel seru Portugal vs Prancis berlangsung di Estadio da Luz, mulai pukul 02.35 WIB Live Mola TV.

Penurunan kualitas bermain gelandang tim nasional Prancis, Paul Pogba tengah menjadi buah bibir. Bagaimana tidak, Paul Pogba terlihat mengalami kemerosotan bermain baik di level klub maupun Prancis. Kemerosotan bermain Paul Pogba sangat terlihat pada pertandingan terakhirnya bersama Prancis yang menelan kekalahan.

Pogba turut bermain kala Prancis dipermalukan 0 2 oleh Finlandia dalam pertandingan persahabata beberapa waktu lalu. Pemain Manchester United tersebut dinilai berperan dalam proses kebobolan gol kedua timnya. Berkaca pada kemerosotan kualitas yang terjadi pada Pogba, mental bermainnya pun banyak disoroti.

Utamanya Didier Deschamps selaku manajer Prancis, menyebut gelandang andalannya tersebut tidak dalam peforma terbaik. Penurunan penampilan Pogba juga terlihat kala berseragam Manchester United dan mulai diragukan kebagiaannya di Old Trafford. “Jelas dia tidak dalam kondisi terbaiknya. Saya tahu itu sebelumnya. Permainan itu dimaksudkan untuk memberinya ritme," kata Didier Deschamps kepada RMC Sports.

"Dia tahu dia hanya punya waktu 60 menit. Sulit untuk bersikap positif. Jelas Paul tidak dalam periode terbaik," tambahnya. Deschamps menambahkan kondisi mental Pogba juga mengalami penurunan akibat situasi di klub. Menurutnya kondisi yang terjadi di dalam klub dapat berperan besar dalam membentuk mental pemain.

“Seperti semua pemain yang tidak memiliki situasi positif di klub mereka, mereka juga terpengaruh secara mental," jelas Deschamps. "Aku cukup mengenalnya. Itu bisa terjadi di beberapa titik, kepada siapa saja." "Saya kemudian harus membuat keputusan saat mempertimbangkan pemain lain juga. Dia tahu itu," tandas pelatih berusia 52 tahun.

Selain Deschamps, rekan setimnya Hugo Lloris juga menilai demikian terkait penurunan mental bermain yang dialami Pogba. Kiper Tottenham Hotspur ini bahkan membandingkan kondisi kebahagian Pogba di Manchester United dengan beberapa pemain. Misalnya kedatangan Raphael Varane dan Antoine Grizmann yang bergabung dengan skuad Les Bleus (julukan Prancis) nampak terlihat sumringah.

"Dia kurang memiliki ritme, dibandingkan dengan situasinya di klubnya." "Seperti [Raphael] Varane atau [Antoine] Griezmann, dia datang dengan senyuman," ujar Hugo Lloris dikutip dari Goal Internasional. Meskipun Pogba sedang dalam penurunan peforma, Lloris yakin hal ini akan bertahan sebentar.

Lloris yakin Pogba dapat menunjukan kebangkitannya terutama menyandang kapten tim bagi Les Bleus. “Dia adalah salah satu pemimpin tim ini. Dia memiliki sejarah panjang [dengan tim nasional] dan juga tahu bagaimana menaikkan levelnya bila diperlukan, terutama ketika ada kesulitan," harap Lloris. Sementara itu, Pelatih Portugal, Fernando Santos yakin timnya bakal menang melawan Portugal.

Namun, ia melihat jalannya laga melawan Prancis tak akan mudah. "Kami sadar akan menghadapi lawan yang akan merepotkan di sepanjang laga nanti." "Namun kami tahu, ketika masuk ke lapangan kami bisa memenagkan duel melawan Prancis."

"Untuk mencapai hal itu, kami harus dalam kondisi terbaik kami." "Pertandingan nanti tak akan berjalan mudah bagi kedua tim," ujar Fernando Santos dikutip dari Uefa.com, Kamis (12/11/2020). Di sisi lain, Portugal dan Prancis pada laga sebelumnya bermain imbang tanpa gol ketika keduanya bertanding di markas Les Blues pada mathcday 3.

Timnas Prancis memiliki rekor pertemuan yang lebih baik dengan memenangkan tiga dari lima pertandingan terakhirnya. Dua hasil lainnya berakhir dengan imbang dan kekalahan antara kedua tim. Namun, satu kekalahan yang diderita Prancis terasa menyakitkan ketika mereka kalah dari Portugal dalam ajang Euro 2016 silam.

Alhasil jika berkaca dari fakta fakta diatas tentunya Prancis patut mewaspadai tren positif yang sedang dilakoni oleh tim tuan rumah. Rui Patricio; Joao Cancelo, Ruben Dias, Ruben Semedo, Raphael Guerreiro; Ruben Neves, William Carvalho, Bruno Fernandes; Bernardo Silva, Joao Felix, Cristiano Ronaldo Hugo Lloris; Leo Dubois, Raphael Varane, Clement Lenglet, Lucas Hernandez; N'Golo Kante, Paul Pogba, Corentin Tolisso; Antoine Griezmann; Anthony Martial, Olivier Giroud

Leave a Reply

Your email address will not be published.