Volta Edukasi Kendaraan Listrik di Indonesia Quality Expo 2020

Badan Standardisasi Nasional (BSN) baru saja sukses menggelar Indonesia Quality Expo 2020 di Jogja City Mall, Yogyakarta mulai 12 sampai 15 November 2020. Pameran yang bertujuan mengangkat produk produk bermutu dan berstandar tersebut, diisi dengan serangkaian acara menarik. Satu diantaranya talkshow kendaraan listrik yang aman dan ramah lingkungan yang melibatkan industri, komunitas, pemerintah dan masyarakat.

Seperti kita ketahui bahwa polusi dari kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang utama kerusakan lingkungan, pemanasan global dan yang pasti berdampak buruk terhadap kesehatan. Selain itu, konsumsi BBM yang semakin besar mengakibatkan ketersediaan BBM akan habis terekploitasi. Karena itu kendaraan listrik muncul sebagai solusi. Namun seberapa aman kendaraan listrik tersebut digunakan? CEO PT Volta Indonesia Semesta, Willty Awan mengungkapkan, dengan menerapkan standar mutu, faktor keselamatan dan keamanan dalam penggunaan kendaraan listrik menjadi sangat terjamin.

“Dari sisi komponen tentunya masyarakat harus melihat serta memilih komponen yang memiliki standar mutu yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan, khususnya di sisi batereinya serta komponen umum lainnya, seperti ban dan kelengkapan asesoris lainnya misalnya di sepeda atau sepeda motor listrik meliputi spion, lampu sign, lampu depan dan belakang,” ujar Willty, Senin (16/11/2020). Dia menjelaskan, cara mengoperasikan sepeda listrik dan sepeda motor listrik tidak jauh berbeda dengan sepeda motor biasa. Kelebihannya, sepeda/sepeda motor listrik memberikan benefit dari sisi biaya operasional yang jauh lebih murah dibandingkan sepeda motor konvensional.

Ini karena sepeda motor listrik tidak perlu lagi ganti oli bulanan, tune up mesin, penggantian komponen komponen seperti busi, kampas kopling dan sebagainya. “Yang tidak kelah pentingnya, bonus utama berupa lingkungan yang lebih bersih, ramah lingkungan, tidak berisik dan warisan bagi anak cucu kita terhadap dunia yang lebih baik dan hijau,” ujar Willty. Willty juga mengungkapkan, PT Volta Indonesia Semesta saat ini menjadi salah satu industri dalam negeri yang telah memproduksi sepeda dan motor listrik di Indonesia sejak tahun 2017.

Untuk produksi baterai pihaknya memilih komponen yang telah memenuhi Standard Quality ISO 9001, ISO 14001, GB/T 28001, CE, ROHS dan untuk ban menggunakan produk dalam negeri yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). “Tentunya ini semua belum cukup, kami akan terus meningkatkan kualitas dan jaminan keselamatan dengan mengikuti Sertifikasi SNI 8613:2018, ISO 13063:2012 tentang Moped dan Sepeda Motor Berpenggerak Listrik – Spesifikasi Keselamatan yang sudah kami canangkan di tahun 2021,” ujar Willty. Dia menambahkan, selain sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan SNI, kampanye kendaraan lsitrik di Indonesia Quality Expo 2020 juga sejalan dengan semangat Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan secara terus menerus menambah jaringan layanan Volta dimana saat ini sudah berdiri di hampir semua kabupaten dan kota di Pulau Jawa, dan beberapa kota di luar Pulau Jawa seperti di Banjarmasin, Pontianak, Lampung, Makassar, Gorontalo, Bali, Lombok dan Merauke. Volta saat ini terus mengembangkan lini produk yang menggunakan elektrifikasi selain sepeda listrik yang sudah dikenal masyarakat umum. Saat ini Volta juga mulai memproduksi sepeda motor listrik roda dua, sepeda motor listrik roda tiga, hingga alat angkutan listrik khusus yang dapat digunakan di dalam area pabrik, perkebunan, pertambangan dan lain lain.

Willty menambahkan, Volta juga terus meningkatkan fitur dan kuaalitas produk, ditandai dengan peluncuran Volta New 100 yang merupakan penyempurnaan dari produk sebelumnya. Volta New 100 dilengkapi dengan batteries box yang memberikan kemudahan untuk pengisian ulang baterainya. Untuk teknologi pengecatannya sudah menggunakan teknologi CED (Cathodic Electro Deposition) yang dapat memberikan proteksi maksimal terhadap karat untuk rangka. Selain itu, lampu depan sudah mengadopsi projector LED yang memberikan penerangan maksimal dan fokus, sehingga memberikan keamanan dalam berkendara pada saat cahaya kurang terutama di malam hari.

Disematkan pula stop lamp yang bisa menyala pada saat kita menarik tuas rem saat melakukan pengeraman, demi menghindari risiko tabrakan dari belakang. Selain talkshow, di ajang Indonesia Quality Expo 2020, Volta bersama BSN juga mengadakan serangkaian lomba yaitu lomba vlog dan lomba foto selfie yang diikuti millenial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.